Jumat, 30 Januari 2009

Kolose 3, 14 "kasih Pengikat Persekutuan"

  1. Tony Campolo, seorang dosen Universitas sekuler, non teologia, pada setiap awal semester dia bertanya pada mahasiswanya tentang siapa Yesus menurut murid-muridnya. Jawaban yang dia terima adalah ‘kasihilah musuhmu!’ pemaknaan ini menjadi luar biasa, karena sikap itu sangat berbeda dari naluri seorang manusia.
  2. ketika manusia berkehendak balas dendam, maka seruan Yesus untuk mengasihi musuh adalah hal yang luar biasa yang hanya memiliki kekuatan supranatural dapat melakukannya.
  3. Menurut Filsuf Empedobles (492-532), di seluruh alam semesta hanya ada dua hal kekuatan, yang mempersatukan adalah cinta dan yang memisahkan adalah kebencian. Biasanya kebencian akan melahirkan kekerasan, dan kekerasan demi kekerasan akan melahirkan kekerasan baru.
  4. Untuk menghentikan kekerasan hanya ada satu cara, yaitu mengatakan stop untuk hal yang tidak baik, dan menerima kasih karunia yang dibawa Yesus ke dunia untuk dilakukan dalam menjalin hubungan yang baik dengan sesama manusia.
  5. Terhadap semua kebajikan dan kasih karunia itu, Paulus masih menambahkan satu hal lagi, yaitu apa yang disebutnya dalam nats kita ikatan kasih yang mempersatukan dan menyempurnakan.
  6. Kasih adalah kuasa pengikat yang merangkul seluruh tubuh kristen secara bersama. Kecenderungan setiap orang ingin berpisah atau memisahkan diri dari komunitas, maka kasih akan menggerakkan setiap hati untuk menggabungkan diri dengan yang lain, sehingga terikat dalam persekutuan yang tidak akan terputuskan, karena dengan kasih itu kita mampu dengan rendah hati mengampuni orang yang menyakiti kita.
  7. Charles Lamb pernah begitu mencintai seorang perempuan, tetapi ia melupakan keinginannya untuk menikah ketika ia melihat keluarganya yang begitu membutuhkan pertologannya. Ia menjadi malaikat pelindung bagi seisi rumahnya, khususnya bagi Mary, saudara perempuan yang mengalami gangguan mental. Suatu ketika Mary mengamuk dan menikam ibunya hingga meninggal. Sejak itu Charles memutuskan untuk menjadi ‘penjaga’ Mary. Dan beberapa orang menyaksikan bagaimana Charles bergandeng tangan dengan Mary berjalan menyeberang, membawa saudaranya ke RS jiwa.
  8. Kisah yang senada juga sering terjadi, seorang anak sulung mengorbankan waktu untuk pernikahannya karena dia menjadi penanggung jawab untuk adik-adiknya, dan setelah adik-adiknya bekerja baru ia menikah dengan usia yang lanjut.
  9. Kasih itu memberi pengorbanan tanpa pengharapkan imbalan dari apa yang kita lakukan. Itu terbukti dari Allah yang mengasihi dunia ini, dengan memberi AnakNya yang tunggal.
  10. Jika setiap keluarga penuh dengan kasih maka akan tercipta perdamaian dunia. Karena keluarga menjadi cerminan, gereja, persekutuan dan bangsa kita. Keluarga damai sejahtera akan menciptakan hati yang sejuk yang mau berkorban dan berbagi untuk kesejahteraan sesamanya. Saya pernah berkunjung ke rumah yang keluarganya saling mengasihi. Saya merasa nyaman dan damai tinggal di rumah itu, walaupun saya belum kenal betul mereka, tapi saya dapat berbaur, karena setiap sudut rumah memberikanku senyum. Sebaliknya saya juga pernah mengunjungi keluarga. Tapi setiap kali saya ke rumah itu, walaupun rumahnya luar biasa indahnya, saya ingin segera pulang. Saya tidak tahu kenapa. Saya tahu mereka berbuat baik kepada saya, tapi naluri saya ingin memisahkan diri dari mereka, karena rumah itu penuh dengan kekerasan, dan pertengkaran setiap hari. Saya ikut menderita dengan penderitaan mereka.
  11. Kasih milik semua umat, Tuhan yang memberi untuk kita. Oleh karena itu, kasih perlu ditumbuhkan setiap saat, karena kasih membuat kita terbuka pada pengampunan dan kerelaan berbuat baik. Tidak mungkin orang menerima kasih karunia dengan tangan penuh. Kita harus bersih dan dengan tangan kosong menerima berkat kasih karunia Tuhan. Kasih itu mengalir setiap saat, seperti sungai. Jika tangan kita penuh, kita tidak akan mengalirkan bagi sesama, tentu kasih karunia yang baru setiap waktu, akan melewati kita. Demikian juga pengampunan. Tuhan tidak mungkin mengampuni dosa kita, jika hati dan tangan kita masih penuh dengan kesalahan orang lain. Memang sulit untuk mengampuni, sebagaimana ditulis Martin Luther King, bahwa ia harus berpuasa beberapa hari untuk memperoleh disiplin rohani yang ia perlukan untuk mengampuni musuh-musuhnya. Hanya pengampunan membebaskan kita dari ketidak-adilan orang lain, karena kalau semua kita menuntut keadilan, ‘mata ganti mata’, maka semua kita tidak akan punya mata lagi.
  12. Banyak orang berdebat dan mendiskusikan bagaimana melakukan kasih. Kasih itu berada dalam diri kita dan beroperasi melalui diri kita dengan kehadiran Roh Kudus. Kasih tidak pernah berubah, karena Kasih adalah Allah (1 Yoh 4,16).
  13. Kasih tidak tercampur aduk dengan apapun, kasih tidak terjadi karena status sosial, kasih adalah Allah yang menyatakan diri dalam Yesus yang mengambil rupa manusia. Kasih berlaku, karena kita sudah dikasihi Tuhan, sehingga manusia perlu melakukan kehendak Allah dalam dunia dan komunitas masing-masing orang. Sulit bagi orang bertindak kasih selama ia menganggap diri berdiri dalam kebenaran.
  14. Saya mengutip khotbah Pastor Julius Jacinto SVD, tahun lalu dalam pemakaman Mayor Alfredo Reinaldo Alves, yang mati karena memperebutkan kebenaran. Beliau mengatakan; setiap warga Timor Leste selalu melihat diri sebagai orang paling benar dalam tindak tanduk dan tutur kata mereka. Karena itu, setiap orang mempersalahkan orang lain bahkan berusaha dengan berbagai cara menyingkirkan. Sebenarnya kebenaran itu hanya ada pada Tuhan sebagai sumber kebenaran sejati. Dan kebenaran itu akan kita pahami dengan pengosongan diri pada penyataan dan kasih Allah, sehingga kita mampu menerima setiap orang dalam menjalin hubungan dengan kita.
  15. Pencuri yang keluar dari penjara dan diterima dalam komunitas, itu yang membuat mereka bersuka cita dan berbahagia. Artinya kasih mengubah orang menjadi lebih baik, mengubah kebencian menjadi cinta kasih.
  16. Maka pada pesta bona taon ini, kita sebagai orang yang menerima kasih Tuhan Yesus, diingatkan untuk berkomitmen sebelum meneruskan tahun 2009 ini agar dengan kasih karunia yang kita terima kita terbuka dalam kasih pada semua orang yang mengikat kita sebagai tubuh Kristus. Karena ibadah bona taon menjadi berdaya-guna dalam aktivitas hidup, ketika kita tidak menjadikan bona taon hanya silahturahmi antar satu marga atau karena itu yang terjadi bagi Batak perantauan, tetapi Pesta ini adalah saat membersihkan diri dari yang kurang baik dan memohon pada Tuhan agar diberkati sepanjang tahundengan keinginan bersatu dengan yang lain.
Dikhotbahkan pada ibadah Bona Taon Simanjuntak Sitolu Sada Ina, Surabaya-sekitarnya Feb 2008 dan telah diperbaharui.

1 komentar:

  1. Shalom bapak, ibu dan saudara/i yang dikasihi oleh Tuhan. Apakah ada diantara bapak, ibu maupun saudara/i yang pernah mendengar tentang Shema Yisrael dan V'ahavta? Kalimat pernyataan keesaan YHWH ( Adonai/ Hashem ) dan perintah untuk mengasihiNya yang dapat kita temukan dalam Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 - 6 yang juga pernah dikutip oleh Yeshua/ ישוע/ Yesus di dalam Injil khususnya dalam Markus 12 : 29 - 31, sementara perintah untuk mengasihi sesama manusia dapat kita temukan dalam Imamat/ ויקרא/ Vayikra 19 : 18. Mari kita pelajari cara membacanya satu-persatu seperti yang akan dijabarkan di bawah ini :

    Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 - 6, " שְׁמַ֖ע יִשְׂרָאֵ֑ל יְהֹוָ֥ה אֱלֹהֵ֖ינוּ יְהֹוָ֥ה ׀ אֶחָֽד׃. וְאָ֣הַבְתָּ֔ אֵ֖ת יְהֹוָ֣ה אֱלֹהֶ֑יךָ בְּכׇל־לְבָבְךָ֥ וּבְכׇל־נַפְשְׁךָ֖ וּבְכׇל־מְאֹדֶֽךָ׃. "

    Cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani yang berlaku, " Shema Yisrael! YHWH [ Adonai ] Eloheinu, YHWH [ Adonai ] ekhad. V'ahavta e YHWH [ Adonai ] Eloheikha bekol levavkha uvkol nafshekha uvkol me'odekha

    Imamat/ ויקרא/ Vayikra 19 : 18, " וְאָֽהַבְתָּ֥ לְרֵעֲךָ֖ כָּמ֑וֹךָ. "

    Cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani yang berlaku, " V'ahavta l'reakha kamokha "

    Untuk artinya dapat dilihat pada Alkitab LAI.

    Diucapkan juga kalimat berkat seperti ini setelah diucapkannya Shema

    " . בָּרוּךְ שֵׁם כְּבוֹד מַלְכוּתוֹ לְעוֹלָם וָעֶד. "
    ( Barukh Shem kevod malkuto, le'olam va'ed, artinya Diberkatilah Nama yang mulia, KerajaanNya untuk selamanya )

    🕎✡️🐟🤚🏻👁️📜✍🏼🕯️❤️🤴🏻👑🗝️🛡️🗡️🏹⚖️⚓🕍✝️🗺️🌫️☀️🌒⚡🌈🌌🔥💧🌊🌬️❄️🌱🌾🍇🍎🍏🌹🍷🥛🍯🦁🦅🐂🐏🐑🐎🦌🐪🕊️🐍₪🇮🇱

    BalasHapus