Kamis, 29 Januari 2009

Gong Xi Fa Cai

Hari ini aku melintasi kota surabaya menuju SMK Negeri di Margorejo untuk memimpin ibadaha pesta bona taon Manurung dan boru, se-Surabaya. Sepanjang jalan kelihatan bernuansa merah dan tulisan dari huruf Cina yang saya pahami sebagai ucapan selamat tahun baru Cina bagi orang Cina di Surabaya. Karena kebetulan hari ini hari raya imlek. Sambil menikmati perjalanan, saya teringat teman saya, Ibu Debora, Pendeta Jemaat GUPDI di Solo dan Kel Drh. Liem dan Ibu santi di Magelang. Dua orang Cina yang benar-benar saya kagumi sepanjang perkenalan saya dengan mereka, karena pola hidup mereka, meskipun ada cinanya, tapi lebih ke-Indonesia-an. Saya tidak tahu apakah karena Bu Deb (demikian kami memanggil beliau di Pasca-Sarjana UKSW) menikah dengan orang pribumi? Yang pasti dia baik dan penuh perhatian serta murah hati. Saya jadi ingat khotbah tahun baru di HKBP. Kalau saya pikir, beliau cocok jadi KaDep Diakonia. Setiap imlek, saya selalau kirim SMS kepada Bu Deb,(tapi tahun ini tidak) untuk selalau mengingat kebaikannya. Ibu Debora adalah seorang kristen sejati, dia banyak berbuat baik bagi sesamanya sebagai wujud cinta kasih Yesus, tapi dia juga tidak menolak ketika saya kirim SMS dan mengucapkan Gong Xi Fa Cai padanya. Dia menerima ucapan itu sebagai keturunan Cina, tapi tahun barunya tetap tahun baru Masehi. Saya banyak belajar dari beliau, tentang memberi, menghargai budaya dan mencintai Kristus lebih dalam karena fokus seluruh cinta kasih di dunia adalah Yesus Kristus sumber Cinta. Aku menjadi semakin bersemangat untuk melayani bona taon hari ini, karena ingin menghadirkan Kristus di Punguan Manurung dengan menyatakan bahwa kita di tengah banyak persoalan yang kita hadapi, menjadi mampu melakukan segala hal, tidak hanya dalam adat dan keluarga, tapi juga mengatasi krisis ekonomi, bahkan segala hal persoalan hidup, karena Tuhan memberi kekuatan bagi kita (Filipi 4, 13). Imlek, bona Taon dan cinta kasih mata rantai yang mengajarkanku untuk memahami bahwa tahun baru adalah pembaharuan budi dalam Kristus menuju ke arah yang semakin baik, maka dengan tahun baru apapun itu, akan semakin memperbaharui kita melakukan cinta kasihNya. Selamat Imlek, Gong Xi Fa cai!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar