Rabu, 03 Desember 2008

Selamat datang di partungkoan

Ketika saya mengikuti perkuliahan pasca sarjana di UKSW Salatiga, salah seorang dosen saya, Pak Soegeng Hardiyanto, selalu mengatakan, "kenapa saya tidak pernah menemukan orang Batak yang pintar, yang selalu mengherankan dalam ilmu pengetahuan?" menurut beliau bahwa orang Batak sekarang tidak lagi sepintar orang Batak dahulu, seperti TB Simatupang, SAE Nababan, dll. Lalu Kami mendiskusikan kenapa demikian? Tidak ada keputusan, tetapi saya berpikir orang Batak sudah semakin personal, jarang masuk dalam persekutuan termasuk mendiskusikan banyak hal. Saya pikir dengan tidak adanya lagi partungkoan mengurangi kecerdasan emosional orang Batak yang ikut juga mempengaruhi kecerdasan intelektual. Partungkoan adalah wadah tempat informal tapi yang banyak membangun kehidupan masyarakat Batak. Mari kita meningkatkan kecerdasan masyarakat Batak dengan banyak mengasah otak melalui diskusi di blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar